logo
Selamat Datang di E-Catalog Sumba Heritage. Platfrom Informasi Budaya dan Kesenian Sumba.
Artikel Terbaru
+387648592568
info@GOtravel.com
FOLLOW US:
1-677-124-44227
Top
 

Batu Cincin, Ikon Wisata Pantai Mbawana, Sumba, Runtuh

8 Dec

Batu Cincin, Ikon Wisata Pantai Mbawana, Sumba, Runtuh

Tampak reruntuhan batu cincin di Pantai Mbawana, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT)

TAMBOLAKA, KOMPAS.com – Viral di media sosial video yang memperlihatkan batu cincin yang menjadi ikon wisata Pantai Mbawana, Desa Kahale, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), runtuh. Selama ini, batu yang menjulang tinggi dengan bentuk setengah lingkaran itu menjadi salah satu destinasi pariwisata populer di wilayah tersebut. “Iya betul, batu cincin di Pantai Bawana itu (runtuh),” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumba Barat Daya Nyoman Agus S kepada Kompas.com, melalui sambungan telepon, Kamis (19/11/2020).

Ia mengatakan, batu cincin tersebut runtuh pada malam hari. Pihaknya sudah turun ke lokasi kejadian untuk melihat secara langsung kondisi batu tersebut. Faktor utama runtuhnya batu cincin itu adalah hantaman gelombang laut yang sangat besar setiap kali air pasang.

Selain gelombang, guncangan gempa yang kerap terjadi juga menjadi pemicu runtuhnya batu tersebut. “Gelombang, di sana kan laut selatan. Plus lagi gempa itu sering sekali sekarang terjadi di wilayah sana itu, selatan Kodi, lebih mempercepat lagi,” papar Nyoman. Dihubungi secara terpisah, Kanit Intelkam Polsek Kodi Bangedo Bripka Justinus Daga mengungkapkan, batu tersebut pertama kali ditemukan oleh warga dalam keadaan runtuh pada Selasa (17/11/2020).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Batu Cincin, Ikon Wisata Pantai Mbawana, Sumba, Runtuh”, Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2020/11/19/15431451/batu-cincin-ikon-wisata-pantai-mbawana-sumba-runtuh.
Penulis : Kontributor Sumba, Ignasius Sara
Editor : David Oliver Purba

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

ecatalogadmin

Leave a Reply: