logo
Selamat Datang di E-Catalog Sumba Heritage. Platfrom Informasi Budaya dan Kesenian Sumba.
Artikel Terbaru
+387648592568
info@GOtravel.com
FOLLOW US:
1-677-124-44227
Top
 

Jungga

11 Jan

Jungga

JUNGGA (Gitar Khas Sumba)

Oleh. Andreas Ng. Takadjandji 

Jungga adalah alat musik tradisional yang berbentuk  seperti kecapi. Jika dilihat sekilas, alat musik ini mirip gitar dengan senar kawat. Jungga terbuat dari kayu Hambuli yang diukir. Ada dua jenis jungga; yang bersenar dua dan bersenar enam.

Tali senar jungga terbuat dari kawat kopling motor yang diikatkan pada ujung gagang dan tubuh jungga. Pada masa lalu tali senar jungga terbuat dari rambut ekor kuda. Namun seiring berjalannya waktu digantikan dengan kawat kopling motor.

Jungga dimainkan dengan cara dipetik. Ibu jari diletakkan pada badan jungga sementara jari kelingking memetik senar. Suara yang dihasilkan jungga cukup mendayu, iramanya biasanya disesuaikan dengan syair lagu yang diiringinya. Pada acara perkawinan, syair lagu yang dinyanyikan berisikan kegembiraan, demikian pula irama jungga yang mengiringinya. Sedangkan pada acara panen padi, lagu-lagu yang dimainkan berisikan syair yang membakar semangat.

Tidak semua orang mahir bermain jungga. Salah seorang seniman jungga yang mahir memainkan jungga bersenar dua adalah Bapak Pura Tanya yang berumur 62 tahun. Selain bermain, ia juga menciptakan lagu-lagu yang ia nyanyikan dengan diiringi jungga. Orang tua beliau adalah pemain jungga dan sekarang beliau mengajarkan cara bermain jungga kepada salah seorang cucunya. Anak-anak muda di Sumba sekarang, menurut beliau, lebih menyukai musik modern daripada tradisional. Ini menjadi salah satu sebab mengapa sudah jarang orang yang mahir bermain jungga.

Nara sumber: Pura Tanya

Editor: Ami Priwardhani


Gambar 1 Jungga


Gambar 2 Seniman Jungga

ecatalogadmin

Leave a Reply: