logo
Selamat Datang di E-Catalog Sumba Heritage. Platfrom Informasi Budaya dan Kesenian Sumba.
Artikel Terbaru
+387648592568
info@GOtravel.com
FOLLOW US:
1-677-124-44227
Top
 

Lu Ai Kambau

11 Jan

Lu Ai Kambau

 Lu ai Kambau (Ubi Kayu yang Diawetkan)

Oleh Jeffry Nono Malo

Lu ai kambau adalah salah satu makanan tradisional Sumba Timur, yang terbuat dari singkong. Lu ai merupakan makanan camilan yang berwarna hitam, dengan tekstur rasa yang empuk.


Gambar 1. Lu Ai Kambau

Proses pengolahan lu ai adalah sebagai berikut. Singkong mentah yang telah dikupas dijemur selama 1 minggu sampai benar-benar kering. Tujuannya untuk menghilangkan rasa pahit. Apabila  sudah benar-benar kering selanjutnya direndam dengan air bersih  selama 1 malam. Setelah direndam kemudian diangkat dan dijemur minimal 2 jam. Lu ai kemudian disimpan di dalam tanah selama 4 hari, dengan cara memasukkannya ke dalam lubang sedalam 1 meter atau disesuaikan dengan banyaknya singkong. Cara menyimpannya dengan menggunakan daun pisang yang dijadikan alas pada bagian bawah dan ditutup kembali dengan daun pisang pada bagian atas. Penyimpanan lu ai di dalam tanah harus betul-betul dalam keadaan tertutup rapat.

Jika lu ai mengeluarkan aroma wangi artinya bahwa lu ai kambau sudah bisa dikeluarkan dan dijemur kembali sampai benar-benar kering. Sebelum dikonsumsi, lu ai direndam dalam air bersih selama satu malam. Setelah itu lu ai sudah dapat dikukus, lalu dikonsumsi. Lu ai kambau yang sudah kering dapat disimpan selama 6 bulan dalam wadah yang tertutup.

Narasumber: Ruben Pulung Tana

Editor: Ami Priwardhani

 

 

 

ecatalogadmin

Leave a Reply: