logo
Selamat Datang di E-Catalog Sumba Heritage. Platfrom Informasi Budaya dan Kesenian Sumba.
Artikel Terbaru
+387648592568
info@GOtravel.com
FOLLOW US:
1-677-124-44227
Top
 

Nggunggi

11 Jan

Nggunggi

Nggunggi (Alat Tiup Tradisional)

Oleh. Jumlitan Saulus Windi

Nggunggi adalah salah satu alat musik tiup tradisional Sumba Timur. Nggunggi telah ada di Sumba Timur sejak abad ke-19. Nggunggi biasa dimainkan pada saat acara ritual adat untuk memanggil para leluhur agar hadir dalam upacara, pada saat menaman padi serta memanen padi, pada saat menyatakan cinta dan meminang gadis, pada acara festival budaya, serta dalam perlombaan alat musik tradisional.

Nggunggi sendiri merupakan alat musik sejenis harmonika. Alat musik ini terbuat dari bambu yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang cukup tipis sekitar 10×3 cm, yang bagian tengahnya berlubang. Bahan yang digunakan dalam membuat nggunggi biasanya dari bambu dan nira yang diukur begitu tipis, dan dilengkapi benang di kedua ujungnya.

            Cara memainkan nggunggi ialah dengan menggesekkannya ke bibir dan kedua tangan menggerakkan alat tersebut pada saat meniup (seperti bermain harmonika). Maka akan menghasilkan bunyi tiupan yang unik. Alat musik ini dapat di mainkan oleh semua orang. Namun untuk bisa memainkannya, orang tersebut harus belajar terlebih dahulu sampai memiliki keahlian dalam memainkannya.

Seiring dengan berkurangnya praktek kepercayaan Marapu, maka nggunggi pun mulai sulit ditemukan. Ini terjadi karena nggunggi dimainkan salah satunya pada saat pemanggilan arwah leluhur yang biasanya dilakukan pada upacara kepercayaan Marapu. Selain itu, tidak semua orang memiliki keahlian untuk memainkannya. Bahkan, hanya kabisu (klan) tertentu saja yang memiliki kebiasaan memanggil arwah leluhur dengan cara ini. Kecuali praktek kepercayaan Marapu tetap dilestarikan, mungkin nggunggi akan semakin jarang dimainkan.

Nara sumber: Pura Tanya

Editor: Ami Priwardhani

ecatalogadmin

Leave a Reply: